Saturday 13 February 2016

Sejarah Indonesia 14 Februari Hari Peta,Hari Yang Terlupakan

Sejarah Indonesia 14 Februari Hari Peta,Hari Yang Terlupakan - Mungkin bagi sebagian orang tanggal 14 Februari adalah hari spesial yaitu Valentine. Tapi apa anda pernah mengingat bahwa tanggal 14 Februari merupakan hari bersejarah Indonesia yaitu hari peta?

Awal sejarah dimulai yaitu pada tanggal 14 Februari 1945, pasukan PETA yang dipimpin oleh Supriadi melakukan pemberontakan. Pemberontakan berhasil dipadamkan dengan memanfaatkan pasukan pribumi yang tak terlibatkan pemberontakan,baik dari PETA maupun Heiho. Namun,dalam catatan sejarah Supriadi menghilang entah kemana hingga saat ini. Namun,pimpinan lapangan Muradi tetap bersama dengan pasukannya hingga saat terakhir.

Hari Peta
Image From : Memegenerator.net

Pada akhirnya mereka disiksa selama penahanan oleh Kempeitai (PM),diadili dan dihukum mati sesuai dengan hukuman penggal dengan hukum militer Kekaisaran Jepang ddi Evereld (pantai ancol) pada tanggal 16 Mei 1945. Mantan tentara PETA menjadi bagian penting pembentukan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mulai dari BKR (Badan Keamanan Rakyat),TKR (Tentara Keamanan Rakyat),TRI (Tentara Republik Indonesia) hingga TNI. Untuk mengenang perjuangan tentara PETA,pada tanggal 18 Desember 1995 diresmikan monumen PETA yang letaknya berada di Bogor.

Referensi : http://www.kaskus.co.id/


Sudah seharusnya kita sebagai generasi muda Indonesia mengingat peringatan bersejarah Hari PETA dibanding valentine yang merupakan hari kematian pastur yang dibunuh dan valentine bukan hari kasih sayang. Mungkin bagi budaya barat valentine adalah hari kasih sayang,tapi bagi kita valentine itu tidak ada manfaatnya sama sekali untuk diperingati.

Semoga bermanfaat dan semoga dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung.

Budayakan Berkomentar sesuai dengan Topik. Saya menghargai komentar anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.
EmoticonEmoticon